Mengenal Pura Tunjuk Pusuh

Membaca dari judul di atas, pasti ada diantara anda yang bertanya-tanya "dimana Pura Tunjuk Pusuh itu berada?". Nah, saya berikan sedikit informasi tentang Pura Tunjuk Pusuh. Pura Tunjuk Pusuh itu terletak di Desa Tanglad, jaraknya kurang lebih 25 Km dari Pelabuhan Nusa Penida.
Kalau kita tempuh berkendara motor kira-kira memakan waktu 1 Jam. Rute perjalanan menuju ke Pura tersebut dapat melalui jalan menuju Desa Suana. Keberadaan pura ini memang belum banyak yang mengetahui, mungkin karena letaknya yang jauh. Selain itu akses jalan dari Pusat Desa Tanglad menuju ke Pura agak sulit medannya jadi perlu kehati-hatian dalam berkendara khususnya dengan kendaraan bermotor.
Ini saya tampilkan sedikit gambaran kondisi pura Tunjuk Pusuh sekitar 1tahun yang lalu. Foto ini diambil ketika saya bersama teman-teman dari Crew Human Error bodong Ped (mudah-mudahan kami tidak seperti namanya) mengadakan Tirta Yatra ke Pura-Pura yang ada di Nusa Penida yang belum pernah kami kunjungi.
Sepintas Pura ini baru mengalami renovasi, akan tetapi tidak semuanya mengalami renovasi. Di jaba pura masih dipertahankan arca-arca sebagai tempat pemujaan. Dari sisi pura kita masih bisa melihat pemandangan yang luar biasa, misalnya hamparan rumput ilalang. Memandang arah timur kita bisa melihat Pemukiman penduduk Desa Watas, dari sini juga bisa kita lihat pulau-pulau kecil di sisi pulau Nusa Penida. Memang semua itu bisa kita nikmati karena letak Pura ini sungguh unik.
Sekitar Pura merupakan hutan yang mengelilingi areal Pura, selain itu letaknya berada diatas atau di puncak sebuah bukit tinggi yang apabila kita menengok ke bawah maka terlihat hamparan lahan pertanian yang berundag-undag. Mungkin itu saja bisa saya gambarkan tentang keberadaan Pura Tunjuk Pusuh di Desa Tanglad Nusa Penida.

Perbanyak wawasan kita tentang Pura-Pura Luhur yang ada di Nusa Penida......!!!